Asean Corporate Culture Forum

Jakarta, 14-Jan-2015

Dr. Sugiharto sebagai keynote speaker dalam acara Asean Corporate Culture Forum yang diprakarsai oleh ACT Consulting (ESQ Group)

Asean Corporate Culture Forum

posted by admin on January 16, 2015

Asean Corporate Culture Forum (ACCF) yang diprakarsai oleh ACT Consulting (ESQ Group) menggelar seminar bertajuk High Commitment, High Performance Organization di Granada Ballroom, Menara 165, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Hadir pada kesempatan tersebut Komisaris Utama PT. Pertamina Sugiharto sebagai Keynote Speaker

Komisaris Utama PT. Pertamina Sugiharto mengatakan bahwa di dalam organisasi itu ada the people, the system. Sistem, ujar mantan Menteri BUMN era SBY itu, termasuk infrastruktur. Kemudian ada leadership. “Kapal tidak bisa terbang kalau tidak ada pilot, kru, dan penumpang. Tiga elemen dasar ini penting dalam sebuah organisasi. Jadi kalau melakukan transformasi, maka transformasi itu yang harus dilakukan justru budaya dan sistemnya. Termasuk business model dan sebagainya. Termasuk juga leadershipnya,” ulasnya.

Jadi leadership, lanjut alumni ESQ tersebut, sangat penting menentukan. Ibarat kapten yang melenceng, tidak bagus, karakter kinerjanya buruk, harus diganti. Yang tidak kalah penting, kata Sugiharto, sukses gagalnya sebuah organisasi tergantung kualitas dan dedikasi seorang leader. “Leadership matter (kepemimpinan penting, red), kata orang. Dalam persaingan dan globalisasi maka kompetisi adalah sebuah keniscayaan. Karena dunia itu berubah dengan cepat. Dan kata kuncinya adalah The Least Cost Producer yang akan survive. Mereka yang bisa menghasilkan produk barang dan jasa dengan energi yang lebih murah, dia akan berhasil memenangkan persaingan,” pungkasnya.

Dikutip dari: www.esq-news

Asean Corporate Culture Forum

created by: admin on 2015-01-16 14:05:26

.